Depan Desa Jambar Gelar Study Banding Ke Sleman

Desa Jambar Gelar Study Banding Ke Sleman

Bumdes Tridadi Jaya Makmur desa Tridadi Sleman DIY Yogyakarta, yang merupakan daerah percontohan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) menjadi salah satu tempat yang dikunjungi ratusan aparat desa dikecamatan Nusaherang Kabupaten Kuningan untuk melakukan study banding, Sabtu (20/07/2019).

Kunjungan ratusan aparat desa tersebut diterima langsung oleh Kepala Desa Tridadi, H.Kabul Mudji Basuki dan sejumlah aparat desanya serta pengurus Bumdes di Aula Puri Mataram Bumdes Tridadi Makmur Sleman.

Kepala Desa Tridadi, H.Kabul Mudji Basuki mengatakan pihaknya bangga dengan banyaknya aparat desa dari berbagai wilayah di Indonesia, yang mendatangi daerahnya untuk studi banding tentang pengelolaan Bumdes yang baru berjalan 1,5 tahun sejak akhir tahun 2017 telah ada di Desa Tridadi.

Menurut dia, keberadaan Bumdes di Desa Tridadi, sejauh ini telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dan daerah itu sendiri. Seperti, peningkatan ekonomi dan menjadi pendapatan desa untuk PADesnya.

R. Agus Choliq, SE, MM mengaku potensi desanya sangat banyak dan memanfaatkan aset desa untuk membuka unit usaha Bumdesnya. Dia menambahkan, Desa Tridadi memiliki tanah khas desa dan memberlakukan sistem sewa kepada warganya, membentuk Bumdes sejak akhir bulan Desember tahun 2017. Bumdes tersebut memiliki tiga jenis usaha yakni, unit wisata kuliner, aneka wahana, pendidikan wirausaha, dan homestay.

Menanggapi pelatihan BUMDes, Kepala Desa Jambar Awan Kuswandi mengatakan, pelatihan ini sangat penting dilakukan. Selain menambah pengetahuan tentang BUMDEs, juga dapat memotivasi desa jambar untuk mencari potensi unggulan usaha-usaha tertentu yang dapat dikembangkan di masa depan, demi tumbuhnya perekonomian masyarakat. Hal ini juga bisa membantu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang belum secara maksimal diberdayakan.